Saling Sapa, Jumpa Temu, Refresing anak-anak Walak, sekaligus Natal bersama. Kini (16/12/2017) adalah Natal kedua buat pelajar dan mahasiswa Walak di kota Surabaya, sebelumnya atau perdana Natal dilakukan di Malang pada 2016.
Kata Nawor Lano membuat Anak-anak Walak selalu kompak, tegas, disiplin dan berpikir kreative  dan apapun itu aksesoris Natal  harus dibuat dengan sendiri tidak boleh selalu tergantung insan belajar bertanggung dan menciptakan karya sendiri. -  Foto bersama/NaworLano
Dalam Natal kali ini dengan Thema: "Allah Obabur Pano Mondok" dan Sub Themanya " Ar Allah Endatagage Paga Nir Ninility Omangiar Dogowok Nen Yiluk Ar Allah Ninowatne Worneragage"

Firman Tuhan dikutip dalam Yohanes 3: 16. Disampaikan oleh Michael Wandikbo.

Ibadah dan perayaan Natal bersama ini dilakukan dengan merangkul semua pelajar dan mahasiswa Walak Seluruh Jawa Timur (Jatim).

Inti dalam kegiatan Natal ini adalah selain Ibadah dan perayaan Natal disitu juga ada momen sepecial untuk saling Sapa, Jumpa Temu, Refresing keluarga orang Walak.

Saling mengenal satu sama lain, menjaga identitas bersama.

Dalam seremoni oleh Kk senioritas menyatakan bahwa tujuan utama selain Natal dan Ibadah ini adalah untuk menjaga keharonisan, menjaga Identitas orang Walak, menjaga dan edukasi berbicara dalam bahasa Walak dirantauan agar Anak-anak Walak tidak tengelam dalam alunan zaman yang begitu jahat ini.

Natal ini dilakukan dengan penuh ceria dan penuh bahagia di kota metropolitan Surabaya.

Anak-anak Walak yang berdomisili di Se-Jawa Timur kini sudah menetapkan bahwa Natal Anak-anak Walak akan terus dilakukan di tiap Desember tanggal 16 di tiap Tahunya. Seperti tanggal penetapan Natal suku Walak di Se- Tanah Papua.

Selanjutnya akan dilakukan dimana kota yang sudah disepakati  bersama.

Dan Anak-anak Walak juga tak lupa melakukan pemilihan panitia Natal untuk 2018. Dalam pemilihan tersebut telah terpilih dua koordinator kota dan satu ketua panitia Natal Se-Jatim 2018 nantinya.

Mereka yang terpilih adalah Melkinus Kilungga sebagai Ketua umum Se-Jatim dan Ida Togodly sebagai koordinator kota Surabaya dan sekitarnya dan selanjutnya Erdi Mumpo terpilih untuk koordinator Walayah Malang dan sekitarnya.

Pelajar dan Mahasiswa Walak tak lupa menyampaikan;
"Selamat Merayakan Ibadah Natal 2017 dan Selamat Menyambut 1 Januari 2018".
Kiranya Tuhan selalu menyertai kita semua. Amin.